Sabtu, 20 September 2008

The Role of Public Relations-"Album Rhyme of Life By.Dzee"_Mr.Arno Kemaputra

NEWS FROM RASI BINTANG P.R CONSULTANT
PRESS RELEASE
THE LAUNCHING ALBUM “RHYME OF LIFE” BY DZEE

Dzee yang bernama asli Rully Dzikrullah Apriansyah, penyanyi pendatang baru di dunia musik asal Jakarta akan meluncurkan album perdananya yang berjudul “Rhyme of Life” beraliran Hip hop/Rap. Acara launching album ini akan diadakan pada tanggal 22 juli 2007 di News Café Setiabudi Building 1, Kuningan, Jakarta Selatan. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan seorang Dzee dan albumnya yang berani yang diperuntukan untuk anak muda yang menyukai aliran musik Hip hop/Rap didalam indie label. Dan juga mengkampanyekan “STOP terhadap Pembajakan Musik Indonesia”.

Dzee yang lahir di Jakarta pada 1 April 1989, sekarang sedang berkuliah di STIKOM The London School of Public Relations jurusan Mass Communication. Dzee sangat yakin dan percaya diri untuk meluncurkan album ini dengan budget sendiri, karena musikalitasnya yang tinggi telah membuat Dzee yakin bahwa albumnya ini akan diminati oleh pencinta musik terutama Hip hop/Rap. Album ini disponsori oleh G-Space Record dan Big Real Clothing. Serta berlabel dan direkam oleh G-Spece Record.

ENDS
Rasi Bintang, Press Officer
3456345

For futher information about album “Rhyme of Life” by Dzee, please contact :
Happy Marissa Telp. : (021) 8744563
Information Service Manager Fax. : (021) 8759049
Jln. Jend. Sudirman Kav.111 Date : 19 Juni 2007
Jakarta Pusat Ref : Rasbi 001/MS



Proposal Launching Album Dzee


1. APRESIASI SITUASI

1.1 Info tentang Dzee
Dzee adalah penyanyi / rapper pendatang baru didunia musik Indonesia khususnya Hip Hop / Rap akan meluncurkan album perdananya yang berjudul “Rhyme of Life”. Dzee yang bernama asli Rully Dziqrullah Apriansyah, lahir di Jakarta pada 1 April 1989, dan sekarang Dzee sedang berkuliah di STIKOM The London School of Public Relation (komunikasi massa) Jakarta. Karena musikalitasnya yang tinggi Dzee sangat yakin dan percaya diri untuk meluncurkan albumnya ini dengan budget sendiri / indie label, dan akan laris dipasar musik Indonesia.

1.2 Info tentang album “Rhyme of Life”
“Rhyme of Life” adalah album perdana Dzee yang akan kami luncurkan. Keseluruhan lagu-lagunya beraliran Hip Hop / Rap. Kenapa Dzee menamakan albumnya ini “Rhyme of Life”, karena seluruh lagu yang ada didalam album ini menceritakan tentang kehidupannya dan sekitarnya. Dzee menciptakan lagu-lagunya sendiri, dengan harapan dia tidak akan bermasalah dengan orang lain karena sekarang banyak sekali lagu-lagu jiplakan yang dicuri dan dikemas dengan berbeda tanpa izin sipencipta. Diharapkan juga para musisi Indonesia dapat lebih mempunyai kreativitas kalau memang benar-benar mempunyai jiwa musik yang sejati.

1.3 Analisis
“Rhyme of Life” adalah album perdana Dzee dengan label indie yang dihasilkan oleh G-Space Record. Ini merupakan album indie label terbaik dari anak negeri yang bergenre Hip Hop / Rap. Diharapkan juga masyarakat tidak membeli album bajakan demi memajukan dunia musik Indonesia.
Rasi Bintang PR Consultant, mempunyai kesamaan dengan G-Space Record yang membantu musisi muda Indonesia pendatang baru demi kemajuan musik di Indonesia dengan mengutamakan kemampuan klien yang mempunyai potensi bagus.

1.4 Kesimpulan
Kami sangat optimis album ini dapat dihargai dan laku dipasaran musik Indonesia tanpa harus membeli album bajakan dan memajukan dunia permusikan di Indonesia. Karena suatu kebanggaan bagi kami dapat bekerja sama dengan Dzee dan G-Space Record untuk membuat konferensi pers dan peluncuran album Dzee “Rhyme of Life”.

2. TUJUAN
Tujuan dari pelaksanaan konferensi pers dan peluncuran album perdana Dzee “Rhyme of Life”, adalah sebagai berikut :
2.1 Mengulas Kesimpulan
Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, bahwa kami sangat bangga bekerja sama Dzee dan G-Space Record karena :
a. Kami ingin memajukan dunia permusikan di Indonesia dan mengkampanyekan anti pembajakan terhadap album indie label.
b. Selain itu kami yakin album ini dapat dihargai oleh masyarakat karena album ini adalah karya anak negeri.


2.2 Tujuan Konferensi Pers dan Peluncuran Album
Dibagi dalam 2 tujuan, sebagai berikut :
1, Tujuan Umum
Untuk memberitahu dan mengumumkan kepada media melalui pers dan wartawan media massa tentang album Dzee “Rhyme of Life”,
2. Tujuan Khusus
Untuk memberitahu dan mengumumkan bahwa telah hadir album perdana Dzee yang ber-indie label G-Space Record berjudul “Rhyme of Life” yang merupakan album bergenre Hip Hop / Rap hasil karya anak negeri, kepada masyarakat melalui pers atau wartawan media massa.

3. TARGET PUBLIK
Adapun media yang akan diundang dalam pelaksanaan konferensi pers dan peluncuran album perdana Dzee “Rhyme of Life”, adalah sebagai berikut :
3.1 Media Massa
Karakteristik :
- Remaja dan anak muda usia 17-25 tahun
- Diutamakan target market-nya adalah seluruh pecinta musik Indonesia
- Memiliki kolom atau acara tentang musik Indonesia
Yang diundang :
(Satu media mendapat 3 undangan masing-masing untuk 1 orang)
Media cetak :
- Gadis
- Kawanku
- Aneka
- Seventeen
- Hai
- Kort
- Trax Magazine
- Cosmogirl
- Rolling Stone
(27 undangan)
Televisi :
- O-Channel
- Jak-TV
- GlobalTV
- TransTV
- Trans7
- SCTV
- RCTI
- Indosiar
(24 undangan)
Radio :
- PramborsFM
- Trax FM
- I Radio
- HardRock FM
- Mustang
- GlobalFM
- Radio A
- IndikaFM
(24 undangan)
Internet :
- Detik.com
- Astaga.com
(6 undangan)
Keseluruhan undangan berjumlah 100 orang.
Alasan:
Karena album ini berceritakan tentang realitas kehidupan remaja dan anak muda usia 17-25 tahun pada umumnya terutama bagi pecinta musik. Maka kami mengundang berbagai media untuk memperkenalkan sang rapper dan album perdananya.

Jadi, total seluruh undangan :
Media Cetak : 27 undangan
Televisi : 24 undangan
Radio : 24 undangan
Internet : 6 undangan +
81 undangan
Tamu undangan : 19 undangan +
100 undangan

4. DETAIL PROGRAM
Berikut ini adalah susunan acara dalam pelaksanaan konferensi pers dan peluncuran album perdana Dzee “Rhyme of Life”:
4.1 Konsep Program
Acara (What) : Konferensi Pers dan peluncuran album perdana Dzee “Rhyme of Life”
Waktu (When) : Sabtu, 21 Juli 2007
Pukul 20.00 – 22.00 WIB
Penanggung
Jawab Acara (Who) : Rasi Bintang P.R Consultant atas persetujuan Dzee dan G-Space Record.
Tempat (Where) : News Café Kuningan, Jakarta Selatan
Konsep Acara (How) :
Seperti konferensi pers pada umumnya, sebelum acara dimulai kami memberikan press kit (berupa goody bag berisikan 1 lembar pers rilis, 1 poster, 1 T-Shirt, 1 stiker) lalu setelah konferensi pers dan launching album kami akan mengadakan mini konser Dzee. Pada konferensi pers ini akan hadir penyanyi, produser, dan management dari Dzee.

4.2 Jadwal Acara
Waktu
Acara
PIC
Keterangan
19.30 – 20.00
Registrasi ulang, pembagian name tag dan press kit kepada undangan
Registrasi
Pukul 19.15 MC sudah stanby dan ready.
20.00 – 20.05
Opening dari MC
Acara
MC – PR Consultant
20.05 – 20.10
Sambutan dari G-Space Record
Acara
-
20.10 – 20.15
Sambutan dari Dzee
Acara
-
20.15 – 20.30
Konferensi pers dari management, Dzee, G-Space
Acara
-
20.30 – 21.00
Sesi Tanya jawab
Acara
­-
21.00 – 21.15
Sesi Foto-Foto
Acara
-
21.15 – 21.25
Pembagian Snack malam
Konsumsi
Selagi pembagian snack bagian sound system melakukan check sound
21.25 – 21.55
Mini konser Dzee
Acara
6 lagu
21.55 – 22.00
Penutupan oleh MC
Acara
-
22.00 – 22.15
Evaluasi Tim
Semua
-

5. JADWAL DAN ANGGARAN
Dibawah ini adalah perencanaan jadwal kerja dalam pelaksanaa konferensi pers dan peluncuran album perdana Dzee “Rhyme of Life” beserta anggaran biaya yang dikeluarkan :

5.1 Jadwal Kerja (GANTT Chart)
Aktivitas
Juni
Juli
PIC

Keterangan

1
2
3
4
1
2
3
4
Tanggal dan Waktu

CNS
3 orang
Pemesanan tempat

HMES
2 orang
Undangan

- design

RDA
2 orang
- cetak

RDA

- pengiriman

CNS

Katering

PW

Seleksi tim dan briefing


NN

GR

ALL
Tim inti
Press kits
- design

KOA

- mencetak

KOA

Name tag untuk undangan

HMES

Evaluasi

ALL

5.2 Anggaran Biaya
a. PR material (termasuk press kit)
1. Poster
500 x @ Rp. 5.000,- = Rp 2.500.000,-
2. Standing Banner
5 x @ Rp. 80.000,- = Rp 400.000,-
3. Pamflet
2000 x Rp. 1.500,- = Rp 3.000.000,-
4. ID Card
100 x Rp. 1.500,- = Rp 150.000,-
5. Pulpen
100 x Rp 2.000,- = Rp 200.000,-
6. Sticker
200 x Rp 2.000,- = Rp 400.000,-
7. Goody Bag
100 x Rp 3000,- = Rp 300.000,-
8. T-Shirt
100 x Rp. 30.000,- = Rp 3.000.000,- +
Rp. 9.950.000,-

b. Direct Cost
1. Tempat (sudah termasuk panggung,
meja, kursi, big screen, lighting,
sound system) = Rp. 15.000.000,-
2. Makanan dan Minuman untuk
Undangan (kue-kue kecil /
makanan-makanan ringan,soft
drink, air mineral) Dari News Café
100 x @Rp 20.000,- = Rp. 2.000.000,-


3. Makanan dan Minuman Panitia
Nasi box dan air mineral
15 x @Rp. 15.000,- = Rp. 225.000,-
4. Undangan
100 x @Rp.2000,- = Rp. 200.000,-
5. Dokumentasi
- Kamera (sewa paketan) = Rp. 400.000,-
- Video (sewa paketan) = Rp. 900.000,- +

Rp. 36.725.000,- +

Total Rp. 46.675.000,-
Biaya tak terduga (10%) Rp. 4.667.500,- +

Rp. 51.342.500,-
c. Bayaran konsultant (15%) Rp. 7.701.375,- +

Rp. 59.043.875,-


6. METODE EVALUASI
Berikut ini adalah beberapa point yang akan dievaluasi pada saat pelaksanaan konferensi pers dan peluncuran album perdana Dzee “Rhyme of Life” :
1. Menghitung jumlah wartawan yang datang, apakah semuanya hadir 100% atau sebagian saja.
2. Mendengar komentar langsung produser label rekaman besar.
3. Melihat antusias tamu-tamu yang datang saat menonton konferensi pers, peluncuran album perdana Dzee “Rhyme of Life”, dan mini konsernya (pada tanggal 21 Juli 2007).
4. Melihat hasil pers konferens yang ditulis dan direkan para wartawan di media cetak, radio, televisi, dan internet.

1 komentar:

hagleejabare mengatakan...

Casino News & Updates - JTM Hub
JTG has added an expanded version of its award winning Slots 상주 출장마사지 with 의정부 출장안마 a new 제천 출장샵 Slots The game was available 창원 출장마사지 to download on mobile phones via its app. 광명 출장안마